Antena untuk Pemancar FM dan Pemancar FM Simpel

antena gama match

antena verticalCARA MEMBUAT ANTENA FM DIPOLE 1/2 λ SEDERHANA
3609307_dipole fm antena
Antena adalah bagian yang sangat penting pada radio pemancar atau penerima. Sebatang logam yang panjangnya 1⁄4 Lambda (λ) akan beresonansi dengan baik bila ada gelombang radio yang menyentuh permukaannya. Jadi bila pada ujung coax bagian inner kita sambung dengan logam sepanjang 1⁄4 λ dan outer-nya di ground, ia akan menjadi antena. Antena semacam ini hanya mempunyai satu pole dan disebut monopole (mono artinya satu). Apabila outer dari coax tidak di-ground dan disambung dengan seutas logam sepanjang 1⁄4 λ lagi, menjadi antena dengan dua pole dan disebut dipole 1⁄2 λ (di artinya dua).
Cara membuatnya pertama tama kita harus menentukan frekuensi kerja pemancar, setelah itu menghitung panjang gelombangnya.
Rumus panjang gelombamg:
contoh; pemancar dengan frekuensi 90 Mhz memiliki panjang gelombang
λ= 300 / 90 Mhz = 3.33 meter
Di atas adalah panjang gelombang di udara. Cepat rambat gelombang
listrik pada logam itu lebih kecil, ialah 0.95 kali gelombang radio di
udara. Jadi untuk menghitung Lambda antenatersebut menjadi:
λ = 300 /f (MHz )x 0.95
Jadi dengan frekuensi 90mhz panjang gelombang adalah 3.333 x 0.95 =3.166 meter

Untuk membuat antena dipole kita hanya menggunakan 1/2 panjang gelombang dan di bagi2 lagi menjadi 1/4 λ
di masing masing sisi. lihat gambar di bawah ini

DSC_0116

Jadi panjang antena dipole masing masing sisinya adalah
3.166 x 1/4= 0.791 meter atau 79.1 cm .
untuk aplikasinya bisa di letakkan secara vertikal atau horizontal sesuai radiasi yang
di inginkan.

Selamat dicoba dan Trima kasih

Sumber http://elektrozon.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-antena-fm-dipole-12.html

OPEN DIPOLE
bisa pakai kawat tembaga atau pipa alumunium, jika main di 82Mhz maka rumusnya 300/82 X 0.96 /4= 878mm

antena vertical
VERTICAL
Pecut => 300/82 X 0.96 X 5/8 = 2195mm
Kumis => 300/82 X 0.96 /4= 878mm

ANTENA J MATCH DAN SLIM JIM
JMATCH SLIM JIM

Ada beberapa antena omnidirectional yang ideal dan sangat baik digunakan untuk keperluan broadcasting FM, salah satunya adalah antena J-Match. Antena ini disebut juga J-Pole Antenna, ada juga yang menyebut Zeep Antenna atau Zeepelin Antenna, yang populer di dekade era 70 an. Dalam perjalanannya antena J-Match dikembangkan lagi sehingga muncul variasi baru J-Match yang lebih handal, dikenal dengan antena Slim Jim, diciptakan oleh Fredrick Charles Judd. Guna mendapatkan penyebaran yang lebih lebar lagi. Antena Slim Jim pun bisa dikombinasikan lagi dengan jenis antena koliner sehingga terwujudlah Collinier Slim Jim.bahkan bisa disusun bertingkat tingkat, alhasil antena menjadi suangaaat tuinggi polll, 20 meteran lebih, hanya sebuah antena. weh…weh…weh…koyo opo yo!

Lha…disamping itu ada beberapa antena omnidirectional lain yang sama idealnya untuk broadcast, yang jenis ini dikenal Ground Plane, variannya adalah 1/4 lamda dan 5/8 lamda. Dalam perkembangan selanjutnya, munculah antena Telex dan Hudsler yang sangat terkenal itu. Dikalangan homebrew dan broadcaster amatir radio. kedua antena ini menjadi primadona. karena mampu melontarkan daya pancar radio yang sangat luas ke segala arah demikian juga dalam hal merisip, dan cukup gagah bila dilihat bertengger di tiang atau tower antena tinggi. Untuk Kedua jenis antena ini meramunya agak ribet, ntar kalo ada yang penasaran dan ingin share saya akan postingkan. makanya beri koment ya….kita share bareng ngomongin antena.

Ok itu tambahan, sekarang back to topic, ngomongin si J-pole and si adiknya Slim Jim. Saya pilihkan kedua antena ini pertimbangannya adalah karena kedua kakak adik ini memiliki konstruksi yang simpel, yang memungkinkan mudah untuk dibuat, membutuhkan bahan yang sedikit. dan bisa di bikin dari bahan apa saja selama itu konduktor. Lebih-lebih kalo kita bandingkan sama model antena ground plane, dua antena bersaudara ini tidak membutuhkan radial, dari segi ketahanan terhadap terpaan angin, tentu si J-Match n si Slim Jim lebih baik. Ditambah dengan kualitas penguatan/gain antena yang besar. Mbah Juud sang penciptanya mengklaim Slim Jim mampu memberi penguatan sebesar 6db. Padahal untuk antena groundplane 5/8 lamda saja hanya 3db saja. (homebrewer menyebut antena groundplane 5/8 lamda dengan antena kumis) .Tidak banyak kata, yuk langsung ke TKP. Sekarang saya ajak untuk meramu kedua antena ini.

Ramuan Membuat antena J-Match & Slim Jim
Bagai seorang Mac Giver yang mampu meramu apa saja untuk membuat senjata dalam menghadapi lawannya, sudah pernah nonton filmnya kan ya!. Ok, kita terapkan ilmu Giver untuk meramu antena ini. Sudah disinggung di atas, bahwa antena ini bisa di bikin dari bahan apa saja; ruji sepeda, kawat jemuran, kawat email bekas trafo (pilih diameternya gede), kabel listrik(pilih jenis NYA diameter gede bisa 2.5mm), dll, tetapi kalau pingin mudah dalam bikinnya pakai almunium saja, bisa pipa dalam berbagai ukuran.

Gambar 1. Skema Antena J-Match dan Slim Jim
Setelah skema kita ketahui, sekarang menentukan panjang elemen masing-masing dari A, B, C, D, E, dan F. Dapat dicari dengan perhitungan antena. Contoh hasil perhitungan bila antena ingin bekerja di frekuensi 107.7 MHz (frekuensi kerja radio komunitas), didapatkan:
panjang A = 2033.43 mm
B = 1337.05 mm
C = 668.52 mm
D = 139.27 mm
E = 27.85 mm
F = 60.58 mm ( ukuran jarak F ini tidak kritis )
Jika antena Slim Jim maka panjang ukuran A, B, C, D, E,dan F dipakai semua. Jika antena J-Match maka panjang ukuran yang dipakai adalah A, C, D, dan F.

Tiba saatnya ramuan Mac Giver diterapkan. Di gudang ternyata saya temukan sisa-sisa potongan pipa alumunium yang cukup banyak, salah satunya antena TV VHF untuk TVRI. kita bedah antena TVRI tadi untuk dimanfaatkan sebagai jalur tekukan, beberapa potong pipa aluminium dipotong 4 cm s/d 5cm dan dibelah untuk sambungan antar pipa, setelah dirangkai sedemikian rupa jadilah J-Match tersebut.
Penjelasan lebih lanjut bisa langsung ke http://karyasolderanku.blogspot.com/2011/08/j-match-slim-jim-untuk-broadcast-fm.html

PEMANCAR FM SIMPEL DAN MUDAH DI RAKIT
scan0044

PEMANCAR FM SIMPEL TAMPA TRIMER
1466298_387449538056485_2039777205_n

Penguat mp3 player modulator

pemancar-fm-tanpa-trimer

BOOSTER FM SIMPEL TANPA TRIMER
BOOSTER FM SIMPEL TANPA TRIMER

PEMANCAR FM DENGAN MODULASI DENGAN PREAMP MIC
TX+preamp mic1

PEMANCAR FM SIMPEL DENGAN TRANSISTOR ALTERNATIF DAN MURAH TAPI HASILNYA TIDAK MURAHAN

PEMANCAR FM TR FINAL ALTERNATIFWALKIE TALKIE FM VHF

13102902_1121431747879233_4582304629493121262_n

PEMANCAR FM 7 WATT SIMPEL

Input bisa menggunakan osc koker atau tuner FM

fmk

fmx

11 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s