Cara Beternak Ikan Cupang


parung beta contes

PARUNG BETTA CONTEST 2018 TGL 15 & 16 SEPTEMBER 2018

anak ikan cupang

Teknik Pemijahan dan Produksi

Pada induk jantan yang matang gonad warna siripnya lebih cerah sedang pada induk betina perutnya membuncit dan secara transparan, telur pada saluran pengeluaran dapat terlihat.

Pada prinsipnya pemijahan dilakukan secara berpasangan dalam setiap wadah yang terpisah (akuarium, ember atau dalam kotak-kotak yang ditempatkan didalam bak). Sebelum dicampurkan induk betina dimasukkan dalam botol agar tidak mengganggu jantan dalam membuat sarang busa. Sarang dibuat dengan cara mengambil gelembung udara dari permukaan dan melepaskannya ke bawah permukaan daun atau tanaman air yang mengapung dipermukaan air. Proses ini berlanjut berjam-jam dengan sesekali berhenti untuk makan.

Bila sarang telah siap, induk betina dikeluarkan dari botol, dicampurkan dengan jantan agar dapat memulai pemijahan. Pada saat pemijahan tubuh jantan menyelubungi induk betina membentuk huruf ” U ” dengan ventral saling berdekatan selama + 1 menit sampai mengeluarkan telur yang segera dibuahi sperma. Telur perlahan tenggelam dan akan segera diambil oleh induk jantan dengan mulutnya untuk selanjutnya diletakkan disarang busa. Proses pemijahan berlangsung selama + 1 jam dengan 20-25 tahap pemijahan yang sama. Ketika aktifitas pemijahan berakhir, induk betina dipindahkan dari tempat pemijahan untuk dikembalikan ke tempat pemeliharaan induk, namun sebaiknya lebih dulu dimasukkan dalam larutan metyline blue 2 mg/liter selama 24 jam untuk mengobati luka yang mungkin ada setelah pemijahan. Sedang induk jantan tetap pada wadah pemijahan untuk merawat dan menjaga telur sampai menetas. Dalam setiap kali pemijahan diperoleh telur sebanyak 1000-1500 butir. Selanjutnya pemeliharaan larva dan pendederan serta pembesaran dapat dilakukan pada wadah berupa bak tembok dengan pakan berupa cacing Tubifex sp. atau Chironomus sp. untuk siap dipasarkan.

Teknik Memperbanyak Ikan Betta Jantan

Ikan betta jantan mempunyai warna yang lebih cerah dan sirip-sirip yang lebih panjang dibanding ikan betta yang betina. Oleh karena itu ikan betta jantan lebih diminati konsumen dan mempunyai nilai komersial yang lebih tinggi dibanding yang betina. Sehubungan dengan itu perlu dilakukan teknik memperbanyak produksi ikan betta jantan dalam setiap kali pemijahan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian hormon androgen pada masa diferensiasi kelamin.

Teknik pemberian hormon tersebut adalah dengan cara meremdam telur ikan betta pada fase bintik mata ( + 30 jam setelah pemijahan ) kedalam larutan hormon 17 Alpa metiltestosteron dengan konsentrasi 20 mg/liter air selama 8 jam. Pembuatan larutan hormon tersebut adalah dengan cara melarutkan hormon sebanyak 20 mg ke dalam 1 ml alkohol 70 % dan selanjutnya dimasukan keair yang akan dipakai merendam sebanyak 1 liter.

Telur hasil perendaman dimasukkan kembali kedalam wadah yang berisi air dengan diberi larutan metyline blue untuk mencegah timbulnya jamur dalam proses penetasan. Tahap selanjutnya sama dengan prosedur pembenihan ikan betta sampai berumur tiga bulan untuk dapat dibedakan jenis kelaminnya. Diharapkan dengan pemberian hormon steroid tersebut dapat memperbanyak ikan betta jantan sampai dengan 95 % dalam setiap pemijahan. (RAD)

Sumber :http://aa-cupang.blogspot.com/

Beberapa macam makanan ikan cupang yang terbaik

Jika anda menginginkan untuk mendapatkan makanan ikan cupang yang bernutrisi tinggi serta baik untuk pertumbuhan ikan cupang, anda bisa lihat daftar nama makanan ikan cupang di bawah ini.

1.Cacing darah

cacing darah

Sebelum anda memberikan cacing darah ini kepada ikan cupang yang anda pelihara sebaiknya anda memastikan kalau cacing darah ini sudah mati, dalam arti kata bahwa makanan yang akan di berikan pada ikan cupang harus lah dalam keadaan kering.

Akan tetapi sebenarnya jika kita memberikan makanan pada ikan cupang berupa makanan yang sudah mati itu kita rasa kurang bagus juga ya dalam segi kesehatan dan kebugaran ikan cupang.

Maka dari itu, usahakan memberikan makanan nya dalam keadaan masih hidup yaa.

Pasti anda jadi bertanya – tanya bukan?? tadi katanya cacing harus mati sekarang malah harus dalam keadaan hidup, lalu yang benar yang mana??

Sebenarnya cacing darah ini hanya digunakana sebagai makanan alternatif saja kawan.

Perlu anda ketahui bahwa cacing darah ini sesungguh nya cukup baik untuk di jadikan sebagai makanan ikan cupang.

Tetapi pilih yang masih segar dan berkualitas bagus ya.

2.Cacing sutra

cacing sutra

Untuk makanan ikan cupang yang selanjutnya itu adalah cacing sutra.

Menurut penghobi dan pembudidaya jenis ikan hias, cacing sutra ini tergolong menjadi makanan yang baik untuk ikan cupang.

Karena di dalam cacing sutra itu terdapat nutrisi, protein, serta serat dan juga terdapat lemak yang tinggi.

Semua itu memiliki fungsi untuk memperlacar pertumbuhan ikan cupang yang anda perlihara.

Cara untuk mendapatkan cacing sutra ini anda bisa melakukan hal sebagai berikut:

Secara alami di dapatkan, dalam artian anda bisa mendapatkan cacing sutra ini di parit – parit atau di pinggiran sungai yang terdekat dari rumah anda.

3.Jentik nyamuk

jentik

Untuk yang satu ini anda dapat mencari nya di endapan air seperti di selokan, dll.

Di dalam jentik nyamuk sesungguhnya terdapat lemak serta serat – serat yang berfungsi untuk memperkut otot – otot ikan cupang.

Maka dari itu, jentik nyamuk ini sangatlah berguna dan bermanfaar sekali untuk ikan cupang anda.

Eits ingat kawan, sebelum anda memberikan makana ini kepada ikan cupang anda alangkah baiknya jentik nyamuk ini di rendam terlebih dahulu ke dalam air bersih.

Hal tersebut berupaya untuk menghilangkan bakteri yang menempal pada jentik nyamuk.

Jika kita tidak melakukannya tentu saja bakteri yang terdapat pada jentik nyamuk akan membuat ikan cupang kita menjadi sakit.

Tentu nya kita tidak ingin hal itu terjadi bukan!! maka dari itu lakukanlah hal di atas sebelum memberi jentik nyamuk ini kepada ikan cupang anda.

Usahakan anda memberikan jentik nyamuk yang akan di konsumsi ikan berupa larva yaa.

Jangan memberikan jentik nyamuk kepada ikan yang masih berbentuk bulat, karena hal itu akan berpengaruh juga pada ikan cupang.

Cara memilih jentik nyamuk nya sangat mudah ko kawan, dengan cara seperti ini.

Jika anda mengambil jentik nyamuk dari tempat yang kotor maka usahakan di saring terlebih dahulu kemudian masukkan kedalam air yang masih bersih lalu lihat lah dengan seksama apakah jentik nyamuk ada yang mengembang atau tidak.

Jentik nyamuk yang bagus itu sebenarnya yang tenggelam, sedangkan untuk yang mengembang itu bukan lah jentik nyamuk melainkan benih nyamuk.

Karena benih nyamuk tidak bagus atau tidak berguna untuk ikan cupang, maka anda dapat membuangnya karena benih nyamuk tidak akan terpakai untuk makanan ikan cupang.

Maka dari itu, anda saring lah terlebih dahulu jentik nyamuk yang akan anda berikan kepada ikan cupang.

4.Cacing halus

Anda bisa mendapatkan makanan ikan cupang ini secara gratis maupun berbayar.

Anda bisa mencari cacing halus ini di kanal – kanal, persawahan, maupun rawa – rawa jika anda ingin mendapatkan jenis makanan ikan cupang yang satu ini secara gratis.

Untuk anda orang yang tidak mempunyai waktu untuk mencari nya tenang saja, makanan ini juda terdapat di toko – toko ikan hias terdekat di daerah anda ko, dan harganya pun sangat terjangkau.

Pada saat anda ingin memberikan makanan ini kepada ikan cupang anda, usahakan bahwa ikan cupang sudah berumu 5-11 hari yaa.

Karena jika di lihat dari khasiatnya berbeda sekaligus dalam hal pertumbuhan ikan pun akan lebih cepat karena dapat di cerna oleh lambung ikan tersebut.

FOTO BURAYAK

PAKAN BURAYAK IKAN CUPANG

 

5.Kuning telur

KUNING TELUR

Salah satu makanan ikan cupang yang bisa anda dapatkan adalah kucing telor tentunya kuning telur yang sudah di rebus.

Jadi jangan bingung untuk memberi makanan pada ikan cupang bagi anda yang membudidayakan jenis ikan hias ini karena dapat diberikan untuk burayak atau anak ikan yg baru menetas karena kalau menggunakan kutu air terlalu besar buat burayak/anak ikan yg baru menetas kecuali sudah agak besar sekitar 1 s.d 3 bulan

Kuning telur ini digunakan untuk makanan ikan cupang jika anda tidak dapat menemukan kutu air.

Kuning telur ini baik digunakan untuk ikan cupang anakan  harus menyesuaikan dengan jumlah ikan cupangnya di berikan secukupnya jangan berlebihan.

Untuk pemberian pakan ini harus menentukan kondisi tubuh dan bersar nya ikan cupang.

Jika anda ingin memberikan jenis makanan ini maka alangkah baik nya anda menghancurkan atau membuat kuning telor ini menjadi lembut dengan sendok makan dan dicampurkan dengan sedikit air, atau kuning telur di keringkan stelah di ayak/di saring dan di jemur sekitar 2 s.d 3 jam

Saran pemberian makanan kuning telor ini kepada ikan cupang dalam 2 kali sehari.

  1. Infusoria (Pakan Burayak)
    INFUSORIA

Infusoria yang cocok untuk burayak cupang dapat dikulturkan dengan mudah. Alat yang disediakan hanya berupa ember berisi air bersih. Ke dalam ember tersebut dimasukkan daun kol, daun pisang, jerami, dan sedikit air kolam. Air kolam pasti mengandung infursoria. Namun, air tersebut jangan diambil dari kolam bekas tempat hidup ikan atau air yg sudah lama dipakai untuk tempat ikan.

Penggunaan daun disini agar pH air sesuai dengan kebutuhan cupang. Jadi dibutuhkan penyesuaian pH karena air akan di masukan ke kolam. Daun kol ber pH 7. Daun kol tersebut kita rebus biar empuk lalu masukan ke air bekas tempat pemeliharaan ikan cukup menggunakan gelas air mineral dan jangan lupa kol rebus tesbut dimasukan juga ke dalam air tsb, Setelah itu, gelas air mineral atau botol air meniral yg sudah kita potong bagian atasnya kita tutup dengan kain kasa dan gelas atau botol juga sebagian kita tutup dengan plastik hitam.

Selang 3-4 hari, akan muncul lapisan putih seperti awan di dalam air, Lapisan putih itulah yang merupakan jutaan infusoria yang tidak terlihat mata bila hanya sendiri. Umur infusoria ini hanya tujuh hari. Oleh karena itu, setelah tujuh hari infusoria harus dikulturkan lagi.

Cara memberikan pakan infusoria pada anak ikan cupang yaitu dengan menggunakan sendok dan di pindahkan ke air yg bening di gelas bekas air mineral dan tuangkan ke burayak ikan secukupnya.

  1. Kutu air

KUTU AIR

Di setiap makanan yang alami pastilah mempunyai khasiat tersendiri untuk perkembangan tubuh.

Salah satu contoh nya adalah kutu air ini, kutu air merupakan binatang yang sangat bagus untuk di jadikan makanan ikan cupang.

Untuk jenis makanan ini berfungsi untuk menyegarkan dan memperlancar pertumbuhan ikan cupang.

Karena pada makanan tersebut mengandung banyak sekali kandungan seperti Lemak, karbohidrat, serta protein.

Bukan cuma itu saja, untuk jenis makanan ini juga memiliki manfaat untuk mencerahkan warna pada sisik ikan cupang serta membuat tulangnya menjadi keras.

Jika ikan cupang baru berusia kirasan 3-15 hari alangkah baik nya diberikan kutu air jenis Daphina sp.

Sedangkan untuk ikan cupang yang sudah dewasa bisa di berikan kutu air jenis Daphina magna.

8.vinegar eels

VINEGAR EELS

Vinegar eel ini juga merupakan pakan alternatif selanjutnya, karena jenis pakan ini bisa dimanfaatkan untuk ikan cupang.

Vinegar eels sendiri biasanya terdapat pada selokan air kotor dan juga comberan yang suka muncul di permukaan air.

Untuk cara pengambilan pakan ini biasanya diganakan alat bantuk seperti jaring halus.

Setelah anda mendapatkan pakan jenis ini anda bisa langsung menaruh nya ke dalam wadah ikan cupang.

09.Ulat atau belatung

Untuk yang satu ini memanglah sangat terlihat kotor dan kecil, akan tetapi jenis pakan yang satu ini juga memiliki manfaat yang sangat besar untuk ikan cupang.

Cara pemberian jenis pakan yang satu ini anda cukup memberikan dua ekor saja dalam untuk ikan cupang.

Dan lakukan pemberian pakan ini dalam dua hari sekali.

11.Udang air asin atau Artemia

ARTEMIA gam

Pada musim dingan makanan yang di berikan untuk anakan ikan cupang antara lain ya Artemia ini.

Makanan ini sebernarnya untuk pengganti jentik nyamuk dan kutu air, yang mana pada saat musim dingan kedua bakan makanan ini sangat sulit untuk di dapatkan.

Untuk anakana ikan cupang yang baru menetas yang mempunyai ukuran 0,4 mm biasanya di berikan pakan jenis ini.

Jika anda mempeli pakan ini di toko ikan, jangan lupa untuk memilih yang paling kecil yaa..

Hal ini supaya ikan cupang anakan tersebut mudah untuk menelannya.

Udang air asin ini juga merupakan jenis makanan yang sangat populer di kalangan budidaya ikan hias.

Jenis udanga air asin ini sebenarnya masih tergolong dalam kategori udang.

Orang desa atau jawa biasa menamainya sebagai dawu yang sangat kecil bentuk nya.

Artemia Kering Kemasan

ARTEMIA KERING

IKAN CUPANG PEMAKAN JENTIK NYAMUK

Dengan datangnya musim hujan, biasanya terdapat wabah penyakit. Salah satu penyakit yang menyerang pada musim hujan adalah penyakit demam berdarah yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypty.

Apabila disekitar pekarangan terdapat genangan air baik kolam, akuarium maupun bak – bak air sangat disarankan untuk pemeliharaan ikan cupang sebagai pemangsa jentik – jentik nyamuk yang merupakan penyebab sakit demam berdarah.

Adapun pemeliharaan ikan jenis tersebut adalah dengan kepadatan 2 ekor ikan per meter persegi. Dengan kepadatan tersebut sudah mampu memangsa jentik – jentik nyamuk dalam wadah air seluas satu meter persegi. Selain harganya murah, kedua jenis ikan itu juga tidak perlu diberi makan karena mereka mudah hidup di air yang bersih. Pembelian kedua jenis ikan itu marak sejak dua tahun terakhir ini. Biasanya kedua jenis ikan laku keras saat memasuki musim hujan seriring terjadinya peningkatan penyakit DBD.

Cara tersebut merupakan salah satu alternative pencegahan terhadap penyakit demam berdarah yang disarankan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan serta Dinas Kesehatan Kab. Sragen. ( Disnaknews – Bpr/Snt ), 23 Desember 2008

Sumber :
http://www.sragen.go.id/berita/berita.php?id=7341

Harga
Harga ikan cupang hias ini beraneka ragam, umumnya terjangkau dan sesuai dengan nilai estetika yang ditawarkan dari ikan cupang tersebut. harga berkisar antara :
1. Rp 4000,- sampai dengan Rp 7000,- untuk kategori jantan lokal.
2. Rp 25.000,- sampai dengan Rp 100.000,- untuk kategori jantan impor.
3. Rp 200.000,- sampai dengan jutaan rupiah untuk ikan yang telah berhasil memenangi kontes.
4. Rp 500,- sampai dengan Rp 2000,- untuk betina lokal (beli di depan sekolah-sekolah dasar :P)
5. Rp 5000,- sampai dengan Rp 25.000,- untuk betina impor.

Kriteria Penilaian Cupang Hias
Dasar penilaian cupang hias adalah terletak pada dua faktor penting yaitu bentuk tubuh dan warna tubuh. Faktor bentuk tubuh yang menjadi tolok perhatian adalah serit dan ekor. Serit cupang bentuk baru yang dikatakan langka adalah berserit delapan dan silang. Ekor langka adalah ekor bentuk bulan (halfmoon). Warna langka dalam arti belum banyak terdapat di pasaran antara lain warna putih solid, kuning solid, coklat burgundi, keunguan dan tricolor. Biasanya dalam tiap kontes cupang hias yang diperlombakan di

kelompokkan ke dalam jenis senior (ukuran tubuh 7,5 cm ke atas) untuk warna dasar, kombinasi dan warna maskot; jenis medium (ukuran tubuh 5,5 cm – 7,5 cm) untuk warna dasar, kombinasi dan warna maskot; ukuran small; dan unik. Cupang yang baik memiliki ekor lebar dan serit tebal. Ukuran ekor harus sama dengan serit dan berbentuk 180 o. Letak ekor seimbang dalam arti di tengah-tengah dan tidak menjorok ke atas. Ikan yang baik tidak berwarna transparan di bagian ekor dan memiliki erit di bagian siripnya. Keserasian warna biasanya dinilai 30 poin, keindahan berilai 20 poin, kerapihan dinilai 20 poin, kesehatan & mental bernilai 20 poin dan ukuran tubuh cupang 10 poin.

Sumber : http://indo-hobbies.blogspot.com/

12. KETAPANG

DAUN KETAPANG Terminalia catappa

Pohon Ketapang

daun_ketapang_kering_obat_ikan_cupang_

Daun Ketapang Kering

Almond Leaves atau Daun ketapang merupakan tanaman kayu yang berasal dari daerah sekitar Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Brunei dan Indonesia.
Dalam keseharian, daun yang lebar dan berurat ini sering digunakan sebagai ramuan obat sakit kulit. Selain itu, daun ini juga digunakan untuk mengatasi disentri, sakit kepala dan hipertensi.
Namun selain untuk manusia, daun ketapang juga digunakan untuk menunjang kesehatan ikan cupang. Daun ketapang ini terbukti sangat baik untuk memelihara dan membudidayakan cupang hias. Daun ketapang yang disebut daun Indian Almond (Amerika) dan daun Huu Kwang (Thailand) merupakan bahan baku alam yang bisa menyebabkan air berubah warna menjadi kuning gelap. Telah lama diketahui bahwa cupang sangat menyukai hidup dalam air yang berwarna gelap itu di alam bebas.
Daun ketapang ini merupakan resep tradisional yang mengandung bahan organik yang bermanfaat bagi kesehatan ikan cupang. Selain membuat ikan tidak mudah terserang jamur, daun ketapang juga bisa mencerahkan warna tubuh ikan.

Setelah melalui penelitian, diketahui bahwa daun ketapang mengandung sejenis bahan aktif yang mampu membunuh jamur dan parasit. Daunnya mengandung organic acid, zat tanin, dan flavonoid. Dalam pemeliharaan cupang, getah daun ketapang dapat meningkatkan pH air dan menyerap bahan beracun yang berbahaya bagi kesehatan ikan.

Daun ketapang banyak mengandung asam humay yang mengandung mineral, seperti sulfur, nitrogen, fosfor, magnesium dan tembaga. Mineral-mineral tersebut mampu menumbuhkan bakteri cyano baik dalam air yang berguna bagi kesehatan ikan. Asam humat (huci acid) juga mampu mendetoksifikasi air dan menyerao bernagai senyawa berbahaya seperti klorin dan alumunium.
Cara menggunakannya ialah rendam daun ketapang yang benar-benar kering kedalam air yang akan digunakan untuk memelihara ikan cupang. Daun ketapang harus kering karena daun yang masih muda dan bergetah justru akan melekat dibadan ikan. Daun ketapang juga bisa direndam dalam toples atau wadah yang berbeda agar air rendaman yang dihasilkan bisa lebih kental dan lebih banyak. Jika memerlukannya, tinggal meneteskannya kedalam akuarium cupang secukupnya.

Pada pembudidayaan cupang, daun ketapang tersebut dimasukkan kedalam wadah pemijahan dan dibiarkan mengambang di permukaan air. Daun ketapang juga bisa digunakan oleh cupang sebagai sarang telur.
Ketapang laut agak lebih baik di banding ketapang biasa, dan pohon ketapang jenis ini biasanya tumbuh dekat dengan pantai rendaman daun ini bersih tak berminyak seperti ketapang darat.

Pengganti Daun Ketapang

Tapi tidak semua jenis pisang daunnya bisa dimanfaatkan sebagai obat ikan ya. Karena hanya ada beberapa jenis pisang yang sifatnya AAB dengan nama latin Musa sapientum ( Musa sp. Var. Sapientum ) yang memiliki manfaat baik bagi ikan, misalnya saja pisang raja, pisang tanduk, pisang siam dan kepok. Pisang kepok yang biasanya ada di sekitar kita dan tumbuh dengan liar, Bisa juga mencoba menggunakan daun jati.

CUPANG HIAS ATAU KONTES

JENIS CUPANK

halfmoon nemo galaxy

KRITERIA CUPANG LAGA

CUPANG ADU ATAU LAGA

cupang aduan yang bagus

Cara Menyembuhkan Penyakit Ikan Cupang

Apabila Anda pernah ke toko ikan, Anda mungkin pernah melihat ikan kecil penuh warna di dalam gelas plastik tersendiri. Ikan-ikan ini adalah ikan akuarium Betta splendens, atau Ikan Petarung Siam. Sayangnya, ikan-ikan ini sering kali dikirim dari negara asalnya di Asia dalam kondisi yang tidak sehat. Dengan stres tambahan ini, ikan cupang Anda mungkin rentan terhadap beberapa penyakit berbahaya. Kebanyakan penyakit ini dapat disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang tepat waktu.

Bagian 1

Mengenali Penyakit Ikan Cupang

  1. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 1
    1

    Amati apakah sirip ikan Anda terlihat menggumpal atau ikan tidak seaktif biasanya. Ikan cupang Anda juga mungkin memiliki warna yang lebih pucat dari biasanya dan terdapat tampal seperti kapas di tubuhnya. Hal-hal ini merupakan tanda infeksi jamur. Jamur dapat tumbuh di dalam akuarium yang tidak diberi garam dan Aquarisol setelah diisi air. [1]

    • Jamur dapat menyebar cepat dari seekor ikan yang terinfeksi ke ikan lainnya di dalam akuarium, maka harus segera diobati.
  2. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 2
    2

    Periksa mata ikan cupang untuk melihat apakah salah satu atau kedua matanya menonjol dari kepalanya. Ini merupakan gejala infeksi bakteri yang disebut popeye (eksoftalmia). Ikan Anda mungkin menderita popeye karena air akuarium kotor atau karena penyakit yang lebih parah seperti tuberkulosis. Sayangnya, tuberkulosis pada ikan tidak dapat disembuhkan dan mematikan untuk ikan cupang. [2]
  3. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 3
    3

    Periksa apakah ikan Anda memiliki sisik yang menggembung atau terlihat membengkak. Ini merupakan gejala dropsy (basal) yang merupakan infeksi bakteri di dalam ginjal ikan. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan ginjal dan akumulasi cairan, atau pembengkakan. Hal ini sering terjadi pada ikan yang melemah karena kondisi air yang buruk atau karena mengonsumsi pakan yang terkontaminasi. [3][4]

    • Sekali mengalami kegagalan ginjal sebagai akibat penumpukan cairan, kemungkinan ikan Anda akan mati. Tidak terdapat obat untuk menyembuhkan dropsy, namun Anda dapat mencegah ikan terjangkit dropsy dengan tidak memberinya pakan cacing hidup atau pakan yang terkontaminasi. Apabila Anda mencurigai ikan cupang Anda terjangkit dropsy, pisahkan dari ikan lainnya agar tidak menulari yang lain.
  4. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 4
    4

    Perhatikan apabila terdapat bintik atau titik putih yang terlihat seperti garam atau pasir pada ikan. Ini merupakan tanda penyakit ick atau ich pada ikan. Bintik-bintik dapat muncul agak menonjol dan kemungkinan ikan akan menggarukkannya ke benda-benda di dalam akuarium karena kulit yang teriritasi dan gatal. Ikan juga dapat memiliki masalah pernapasan dan terlihat megap-megap di permukaan air akuarium. Ick menyerang ikan yang stres karena temperatur air yang tidak beraturan dan fluktuasi tingkat pH di dalam air. [5]
  5. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 5
    5

    Lihat apakah ekor atau sirip ikan berjumbai atau terlihat memudar. Ini adalah tanda-tanda infeksi bakteri yang menyebabkan sirip, ekor, dan mulut ikan Anda membusuk. Pembusukan ini biasanya muncul pada ikan yang diserang ikan lain di dalam akuarium atau dilukai teman seakuarium yang suka mencapit sirip. Lingkungan akuarium yang buruk juga dapat menambah pembusukan. [6]

    • Untungnya, kebanyakan ikan cupang dapat menumbuhkan kembali ekor dan sirip mereka apabila pembusukan ditangani tepat waktu. Akan tetapi, ekor dan sirip ikan cupang Anda mungkin tidak akan seaktif dulu ketika sudah tumbuh kembali.
    • Beberapa ikan cupang dapat menderita pembusukan tubuh dan sirip yang lebih parah ketika pembusukan sirip biasa tidak diobati untuk jangka waktu lama. Ikan Anda dapat kehilangan jaringan tubuh dan sirip ketika pembusukan terjadi. Setelah pembusukan mencapai jaringan tubuh ikan Anda, menyembuhkan pembusukan yang parah dapat menjadi sulit dan ikan Anda pada dasarnya akan termakan hidup-hidup.
  6. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 6
    6

    Sorotkan senter ke ikan cupang untuk melihat apakah tubuh ikan terlihat keemasan atau berwarna karat. Hal ini merupakan gejala velvet, yaitu parasit yang sangat menular. Apabila ikan cupang Anda mengidap velvet, ikan juga akan mengapit sirip dekat dengan tubuhnya, mulai kehilangan warna, nafsu makan berkurang, dan akan menggaruk tubuhnya ke sisi akuarium atau ke gravel di dalam akuarium. [7]

    • Oleh karena velvet merupakan parasit yang sangat menular, Anda harus mengobati semua ikan di dalam akuarium apabila salah satu ikan menunjukkan tanda-tanda velvet.
  7. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 7
    7

    Periksa apakah ikan Anda mengambang pada salah satu sisi atau tidak bergerak di dasar akuarium. Ini merupakan tanda-tanda gangguan kandung kemih, penyakit yang umum pada ikan cupang. Gangguan kandung kemih disebabkan oleh terlalu banyak memberi makan ikan cupang, yang berujung pada membengkaknya kandung kemih yang menyebabkan ikan mengambang pada salah satu sisi atau berbaring di dasar akuarium karena berenang menjadi sangat sulit. [8]

    • Ingatlah bahwa gangguan kandung kemih mudah diobati dan tidak menyakiti ikan, sehingga Anda tidak perlu khawatir ikan akan mati karena kelainan kandung kemih.
  8. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 8
    8

    Perhatikan apabila terdapat galur hijau keputihan pada kulit ikan Anda. Ini merupakan gejala cacing jangkar (lernea), yang merupakan krustasea kecil yang bersembunyi pada kulit ikan dan masuk ke dalam otot. Cacing jangkar kemudian bertelur di dalam ikan Anda sebelum mati, meninggalkan kerusakan pada ikan Anda yang dapat terinfeksi. [9][10] Ikan cupang dapat mengidap parasit eksternal seperti cacing jangkar karena paparan di toko hewan peliharaan, dari makanan, atau dari ikan lain yang terinfeksi yang dimasukkan ke dalam akuarium ikan Anda.

    • Ikan Anda dapat menggarukkan tubuhnya ke benda-benda untuk mencoba menyingkirkan cacing jangkar, dan pada saat cacing jangkar menempel pada ikan Anda, mungkin akan membengkak.
Bagian 2

Mengobati Penyakit Ikan Cupang

  1. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 9
    1

    Karantinakan ikan yang terinfeksi. Apabila ikan cupang Anda tinggal bersama ikan lain di dalam sebuah akuarium, gunakan jaring ikan cupang bersih untuk memindahkannya dari akuarium dan tempatkan di dalam akuarium yang lebih kecil dengan sistem penyaringan yang diperlukan. Ini akan memungkinkan Anda memberi perawatan pada air dan akuarium untul penyakit apa pun tanpa membahayakan ikan Anda.

    • Anda juga harus memastikan bahwa akuarium karantina memiliki temperatur yang benar untuk ikan cupang Anda, berkisar antara 25 sampai 27 derajat Celsius. [11]
  2. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 10
    2

    Gunakan obat Ich Guard (atau obat lain seperti GESUND Magic Parasite) untuk mengobati ich. Anda dapat membeli obat ini di toko hewan terdekat. Anda dapat juga mengobati ich dengan meningkatkan temperatur akuarium apabila akuarium Anda lebih besar dari 19 liter. Apabila akuarium Anda lebih kecil dari 19 liter, hindari meningkatkan temperatur karena dapat membunuh ikan cupang. [12]

    • Tingkatkan temperatur akuarium besar secara perlahan hingga mencapai 29 derajat Celsius untuk menghindari mengejutkan ikan cupang. Cara ini akan membunuh parasit ich.
    • Apabila Anda memiliki akuarium berukuran kecil, bersihkan akuarium seluruhnya, lakukan penggantian air total, dan lakukan pemeliharaan air dengan Aquarisol dan garam ikan. Anda juga dapat memindahkan ikan cupang ke dalam wadah sementara dan menaikkan temperatur air hingga 29 derajat Celsius untuk membunuh parasit ich yang tersisa sebelum Anda memasukkan kembali ikan cupang ke dalam akuarium.
    • Anda dapat mencegah perkembangan ich dengan menjaga temperatur air yang konsisten dan membersihkan akuarium setiap minggu.
  3. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 11
    3

    Hilangkan jamur dengan Ampisilin atau Tetrasiklin. Obat-obatan ini dapat membunuh jamur dan mencegah ikan cupang terjangkit lebih banyak jamur yang dapat mencegah pembusukan ekor dan sirip. Anda juga harus membersihkan akuarium seluruhnya dan melakukan penggantian air total. Tambahkan perawatan pada air baru dengan ampisilin atau tetrasiklin, juga penghilang jamur.[13]

    • Anda perlu membersihkan akuarium dan melakukan penggantian air total setiap tiga hari, menambahkan obat di setiap penggantian air untuk membunuh jamur secara permanen. Setelah ikan cupang tidak terlihat kehilangan jaringan pada ekor atau siripnya, Anda dapat melanjutkan jadwal pembersihan akuarium seperti biasanya.
    • Anda juga dapat menggunakan ampisilin untuk mengobati popeye pada ikan cupang. Bersihkan akuarium dan lakukan penggantian air total setiap tiga hari dengan menambahkan ampisilin pada setiap penggantian air. Gejala popeye ikan Anda seharusnya hilang dalam satu minggu.
  4. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 12
    4

    Tambahkan BettaZing ke akuarium untuk membunuh parasit eksternal apa pun. Apabila ikan Anda menunjukkan tanda parasit eksternal seperti cacing jangkar atau velvet, Anda harus mengganti setidaknya 70% air dalam akuarium. Anda kemudian perlu melakukan pemeliharaan air yang tersisa dengan BettaZing untuk membunuh parasit dan telurnya yang tersisa. [14]

    • Anda dapat membeli BettaZing di toko hewan peliharaan di terdekat.
  5. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 13
    5

    Hindari memberi makan ikan cupang secara berlebih untuk mencegah gangguan kandung kemih. Ikan cupang memiliki nafsu makan yang kecil, sehingga Anda hanya perlu memberikan ikan makan dalam porsi kecil satu kali dalam sehari untuk menghindari memberi makan berlebih. Ikan cupang Anda seharusnya dapat menghabiskan semua makanan di dalam akuariumnya dalam dua menit setelah diberi makan. Makanan sisa dalam akuarium ikan dapat menyebabkan kualitas air memburuk dan membuat ikan cupang Anda lebih rentan terhadap penyakit. [15]

    • Anda perlu memberi makan ikan Anda diet kaya protein beragam. Cari makanan untuk ikan cupang di toko hewan peliharaan terdekat, juga makanan beku atau olahan untuk ikan tropis.
Bagian 3

Mencegah Penyakit Ikan Cupang

  1. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 14
    1

    Buat perangkat pertolongan pertama untuk ikan cupang. Bukan tidak mungkin ikan cupang akan mengidap penyakit atau infeksi sewaktu-waktu dalam masa hidupnya, maka bersiaplah menghadapinya dengan menyiapkan obat untuk menyembuhkan ikan cupang secara cepat dan efisien. Obat-obatan dapat membuat ikan cupang stres, dan sebaiknya hanya digunakan ketika Anda telah memastikan ikan cupang Anda mengidap penyakit atau infeksi tertentu dan diperlukan obat-obatan untuk menangani permasalahannya. Anda dapat menemukan pertolongan pertama untuk ikan cupang di toko hewan terdekat. Pertolongan pertama harus berisi obat-obatan berikut: [16]

    • BettaZing atau Bettamax: Obat-obatan ini merupakan antiparasit, antijamur, dan antiprotozoa. Obat-obatan ini bermanfaat untuk sejumlah permasalahan, seperti jamur dan parasit velvet. Anda dapat juga menggunakan obat-obatan ini sebagai tindakan pencegahan apabila berusaha membuat seekor cupang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru atau setiap kali Anda memasukkan seekor cupang ke dalam akuarium.
    • Kanamycin: Antibiotik ini dapat ditemukan di banyak toko ikan dan toko hewan peliharaan. Obat ini dapat digunakan untuk infeksi bakteri yang parah.
    • Tetrasiklin: Antibiotik ini digunakan untuk mengobati infeksi bakteri yang tidak terlalu parah seperti jamur.
    • Ampisilin: Antibiotik ini bermanfaat mengobati popeye dan infeksi lainnya. Anda dapat menemukan antibiotik ini di toko ikan khusus dan melaui internet.
    • GESUND Magic Parasite: Ini merupakan obat antijamur yang bekerja melawan beberapa infeksi jamur dan berguna untuk disimpan sebagai pemilik ikan cupang.
    • Maracin 1 dan Maracin 2: Obat-obatan ini berbentuk tablet keras dan dapat digunakan untuk mengobati infeksi ringan seperti pembusukan ekor dan sirip. Akan tetapi, obat ini tidak seefektif obat lainnya untuk mengobati infeksi yang lebih parah.
  2. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 15
    2

    Lakukan penggantian air 10-15% satu kali dalam seminggu. Ini akan membantu menyingkirkan penumpukan kotoran dan bahan organik yang membusuk dari sisa makanan dan akar tanaman atau daun mati. Melakukan penggantian sebagian kecil air setiap minggu juga akan membersihkan racun dari air dan menjaga air tetap bersih. [17]

    • Jangan menyingkirkan satu pun hiasan atau tanaman akuarium dari akuarium atau fishbowl. Menyingkirkan atau membersihkan benda-benda ini dapat membunuh bakteria baik yang telah menyaring akuarium Anda dan menurunkan kualitas sistem penyaringan. Sebaiknya juga jangan memindahkan ikan dari akuarium atau mangkuk ketika melakukan penggantian air parsial. Hal ini dapat membuat ikan stres dan membuatnya terpapar bakteri jahat. [18]
    • Untuk melakukan penggantian air parsial, buang 10-15% air dan ganti dengan air keran segar yang sudah dideklorinasi. Anda dapat menggunakan sifon untuk menyedot lendir pada gravel dan hiasan. Bersihkan 25-33% gravel dan hiasan dengan sifon. Sebaiknya gunakan juga pengikis alga untuk menyingkirkan alga pada permukaan atau ornamen akuarium sebelum membuang air. [19]
    • Apabila ukuran akuarium Anda lebih kecil dari 37 liter, Anda perlu melakukan penggantian 50-100%air setidaknya dua kali dalam seminggu atau setiap hari. Apabila fishbowl Anda tidak memiliki filter, Anda perlu melakukan penggantian 100% air setidaknya sekali dalam sehari untuk membuang kotoran atau racun dari air. Menyediakan tutup fishbowl atau filter dapat mengurangi jumlah penggantian air yang perlu Anda lakukan sehari-hari dan melindungi ikan Anda dari terjangkit infeksi atau penyakit. [20]
    • Periksa air satu kali sehari untuk memastikan air tidak keruh, berbusa, atau memiliki bau aneh. Hal ini dapat merupakan tanda serangan bakteri dan Anda mungkin perlu melakukan penggantian air menyeluruh. [21] Melakukan ini akan mencegah ikan cupang terjangkit penyakit atau infeksi.
  3. Gambar berjudul Cure Betta Fish Diseases Step 16
    3

    Tambahkan garam ikan untuk menyingkirkan infeksi bakteri apa pun. Infeksi bakteri seperti pembusukan ekor dan sirip dapat dicegah dengan menambahkan garam ikan ke dalam air akuarium. Tidak seperti garam dapur, garam ikan tidak mengandung zat tambahan seperti iodin atau kalsium silikat. [22]

    • Anda juga dapat menambahkan garam ikan ke dalam akuarium setelah menyadari tanda-tanda infeksi atau penyakit, bersamaan dengan obat dan perawatan yang diperlukan. Selalu ikuti petunjuk pada kemasan untuk jumlah dosis. Biasanya, pabrikan merekomendasikan 1 sdm garam ikan untuk setiap 19 liter air.

 

29 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s