Smartfren Hadirkan Ponsel XStr@am Modem EVDO Rev. A


Ponsel modem ini dibanderol di harga Rp299 ribu dengan paket Internet 12GB gratis.

Tren kebutuhan layanan komunikasi kini berubah di kalangan masyarakat luas. Dari kebutuhan SMS, voice dan call, penggunaan beralih ke konsumsi data yang semakin besar. Hal ini dijemput oleh Smartfren dengan menghadirkan handphone Streaming Xstream EVDO Rev. A.

Selain berfungsi sebagai ponsel untuk SMS dan panggilan suara, perangkat ini mampu berfungsi sebagai modem kecepatan tinggi yang diklaim mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat luas akan layanan data.

“Dengan mengedepankan kecepatan akses data, hape streaming Xstream EVDO Rev. A ini mampu mentransmisikan data hingga kecepatan 3,1Mbps. Dengan kecepatan tersebut, modem tersebut mampu melayani streaming video tanpa putus,” kata Merza Fachys, Chief Technology Officer Smartfren di Jakarta, 1 November 2011.

Merza menyebutkan, fitur utama untuk akses yakni plug and play membuat ponsel ini dapat langsung dihubungkan ke perangkat PC untuk melakukan transmisi data. “Ponsel ini juga mendukung sistem operasi Windows XP, Vista, 7 dan Mac OS,” ucapnya.

Menurut Sukaca Purwokardjono, Division Head Development Smartfren, untuk akses internet, tersedia browser Opera Mini 6. Aplikasi Facebook dapat langsung digunakan tanpa perlu membayar. Untuk kebutuhan transfer uang, ada aplikasi Uangku, yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi e-banking.

“Kami berupaya hadir untuk memenuhi semua kebutuhan, mulai dari komunikasi, internet, hiburan digital, transaksi, berbagi konten secara online,” kata Rodolfo Pantoja, President Director Smartfren pada kesempatan yang sama.

Ponsel modem yang baru dirilis ini dibanderol di harga Rp299 ribu dengan paket bundling kartu Smartfren dan layanan paket 12GB gratis, aktivasi sampai 1 tahun. Untuk layanan purna jual, Smartfren telah didukung oleh 72 galeri Smartfren yang tersebar di seluruh Indonesia.

smartc700
Haier C700 bundling CDMA Smart on Apple Mac OS X
Untuk kali ini saya mencoba membuat tulisan lain tentang ponsel Haier C700 ini, yaitu penggunaannya sebagai modem pada MacOS X, mengingat dalam paket penjualannya juga sudah disediakan driver untuk sistem operasi bikinan Apple ini.
Untuk perangkatnya sendiri selain ponsel Haier C700 dan kartu CDMA Smart dengan paket free internet 3 bulan, saya menggunakan Apple MacBook Pro dengan MacOS X versi 10.5.8 (sama dengan yang saya gunakan untuk membuat review modem ponsel Nokia E61 dan Apple MacOS X).

Langkah pertama sebelum menikmati koneksi internet dengan modem ponsel Haier C700 ini adalah melakukan proses install driver ponsel itu sendiri. Di sini saya gunakan driver bawaan dari Haier C700, proses install driver modem ini relatif mudah karena kita akan dipandu oleh si ‘Apple’ ini, kita tinggal mengikuti panduan tersebut dan memasukan username dan password MacOS X (jika kita mengaktifkan fungsi keamanan ini di MacOS kita).

Setelah proses instalasi driver modem berhasil, kita masuk tahapan berikutnya yaitu melakukan setup koneksi melalui Network Preferences untuk membuat koneksi baru (jangan lupa sambungkan ponsel Haier C700 ke Apple MacBook Pro dengan kabel usb bawaan). Saat kita membuka Network Preferences, maka otomatis modem ponsel Haier C700 tersebut akan dideteksi oleh MacOS, tekan Ok untuk mengaktifkannya.

Selanjutnya kita buat koneksi baru dengan menekan tanda plus (+) pada kolom Network (jangan lupa untuk membuka kuncinya untuk bisa membuat koneksi baru tersebut). Untuk Interface kita pilih CDMA USB Modem yang telah terdeteksi dan kita aktifkan tadi, sedangkan untuk Service Name kita isi bebas sesuai keinginan kita, simpan dengan menekan Create.

Pada panel berikutnya kita isikan Telephone Number dengan #777, dan untuk username serta password kita isi dengan smart. Sampai di sini kita bisa langsung melakukan proses dial-up dengan menekan Connect setelah sebelumnya menekan Apply untuk menyimpan seting yang telah kita buat ini, sedangkan untuk menambahkan shortcut koneksi ini pada Menu bar, kita cukup mencentang Show modem status in menu bar.

Jika koneksi berhasil maka pada panel Network akan muncul informasi seputar koneksi ini, seperti durasi waktu koneksi, IP Address, serta trafik upload (sent) dan download (received).

Seperti biasa, untuk melengkapi uji coba modem ponsel Haier C700 pada MacOS X ini, saya lakukan tes dengan Speedtest.net. Dari tes tersebut saya memperoleh kecepatan download 70 Kbps dan upload 70 Kbps.

Demikian informasi singkat tentang penggunaan Haier C700 sebagai modem dengan kartu Smart pada Apple MacOS X. semoga bermanfaat.

Haier C700 ini juga bisa di Windows dan terbaru untuk CDMA Smart dari versi sebelumnya D1200P, karena Haier C700 ini sudah memiliki fitur MP3 dan Opera Mini Untuk browsing langsung WAP melalui HP.

72 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s